Sabtu, 01 Oktober 2011

BERITA


A. Pengertian Berita

Berita merupakan hasil produksi dari media massa.
=>Menurut Dr. Willard.G. Bleyer(Suhandang, 2004 : 103) memberikan definisi atau pengertian berita sebagai segala sesuatu yang hangat dan menarik perhatian sejumlah pembaca (Suhandang, 2004, p. 103).
=>Sedangkan Mitchel V. Charnley (Syamsul, 1999 : 2) memberikan definisi atau pengertian berita adalah    laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian besar pembaca, serta menyangkut kepentingan mereka Jani Yosef (2009 : . 22) memberikan definisi atau pengertian berita  sebagai sebuah laporan terkini tentang fakta atau pendapat yang penting atau menarik bagi khalayak dan disebarluaskan melalui media massa.

B. Sifat-Sifat Berita

Berita yang bersifat memberi penerangan, artinya berita harus mampumemberi penerangan kepada masyarakat. Memberi penerangan di sinimaksudnya adalah memberikan penjelasan atau contoh-contoh kejadianyang tidak baik agar tidak ditiru oleh masyarakat.

C. Jenis-Jenis Berita

Menurut Djuroto (2003: 38), jenis berita dilihat dari penyajiannya adatiga macam, yaitu:
1.Berita Selebaran
Berita selebaran dalam bahasa asing disebut news bulletin.
=> Berita bulletinadalah berita yang disiarkan secara kilat atau cepat. Biasanya berita yangbersifat hangat dan singkat, penyajiannya sangat terikat dengan waktu.Jenis berita ini penyajiannya terikat oleh waktu. Beritayang semakin cepatdisiarkan akan menjadi baik. Yang termasuk dalam kategori bulletin yaitu :

a)  Berita keras : Berita yang biasanya tidak menyenangkan. Misalnyatentang kekerasan, kesengsaraan, dan lain-lain.b.
b) Berita lunak : Berita yang menyenangkan. Misalnya pemberiangelar, keberhasilan seseorang, dan lain-lain.c.
c) Berita singkat : Berita yang memiliki nilai tinggi. Karena itupenyajiannya secara langsung hanya pada inti beritasaja.
d) Berita pendek : Berita yang amat penting dan menarik untuk diberitakan justru pada saat berita itu masih jadipembicaraan masyarakat luas.e.
e) Berita sisipan : Berita yang memiliki nilai tinggi serta dinantikan olehmasyarakat luas.2.

2.  Berita Majalah
 =>  Berita majalah adalah jenis berita yang penerbitannya secara berkala danteratur. Misalnya majalah mingguan, dua mingguan atau bulanan. 
Yangtermasuk dalam kelompok berita majalah yaitu : 
 a) Feature
:Sesuatu uraian berita dalam ruang lingkup satupokok yang merupakan pendalaman tema tersebut,yang dilihat dari berbagai segi latar belakangperkembangan berita tersebut.
b)  Human Interes
Uraian berita tentang sesuatu yang dapat menyentuhrasa kemanusiaan
c) Berita Ringan : Uraian berita tentang sesuatu yang dapat menyentuhrasa kemanusiaan
d) Berita Nyata
Uraian berita yang secara sistematis memilikikepekaan dalam ruang lingkup yang sejenis dantidak perlu terikat pada keadaan baru dan lamanyaberita.
e) Analisis Berita : Berita yang disusun atas dasra data dan fakta sertakeseimbangan analisis tanpa ditambahi pendapatpribadi baik secara langsung ataupun secara tidak langsung. 

3. Berita Penerangan.
 Berita penerangan adalah berita yang mengandung penjelasan lebih lanjutdari suatu berita yang telah disiarkan, atau penjelasan yang bertitik tolak dari berita yang sudah disajikan tetapi sangat terkait dengan waktu.

D. Unsur-Unsur Berita

1. W1 = What
ini adalah untuk menanyakan tentang apa yang akan kita tulis, tema apa yang akan diangkat dalam berita, atau hal apa yang akan dibahas dalam berita tersebut.
2. W2 = Who
adalah siapa tokoh yang menjadi tokoh utama di WHAT. unsur siapa selalu menarik perhatian pembaca, apalagi manusia yang menjadi objek berita itu adalah seorang yang aktif di bidangnya.
Unsur SIAPA ini harus dijelaskan dengan menunjukkan cirri-cirinya seperti nama, umur, pekerjaan, alamat serta atribut lainnya berupa gelar (bangsawan, suku, pendidikan) pangkat/jabatan.
3.  W3 = When
unsur ini adalah menanyakan kapan peristiwa itu terjadi. jadi dalam sebuah berita tentunya akan menyebutkan kapan waktu peristiwa itu terjadi. misal
“peristiwa pengeroyokan seorang mahasiswa itu terjadi pada hari kamis siang sekitar pukul 13.00 waktu setempat”
4. W4 = Where
unsur ini menanyakan lokasi kejadian peristiwa (dimana) atau tempat berlangsungnya peristiwa tersebut. contohnya
“aksi pengeroyokan tersebut berlangsung tidak jauh dari kampus korban”
5. W5 = Why
why atau kenapa peristiwa itu terjadi. ini menanyakan alasan mengapa peristiwa itu bisa terjadi. disini penulis di tuntut untuk menguraikan penyebab terjadinya peristiwa. contoh
“menurut pengakuan pelaku, korban dikeroyok karena telah menghina pelaku dengan mengeluarkan kata-kata yang tidak sopan kepada pelaku”
6. H = How
pertanyaan How / bagaimana ini menggambarkan suasana dan proses peristiwa terjadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar